RSS

Distro Linux LIVE CD


Sebagian orang beranggapan linux adalah system operasi yang sulit dan rumit untuk dipelajari. Mungkin hal itu juga yang membuat mereka enggan memakai Linux yang sebetulnya justru lebih mudah dipelajari dibandingkan Operating System (OS) lainnya. Kenapa demikian? Kode sumber yang ada di linux sangat terbuka, dan memang membebaskan penggunanya untuk merubah atau memodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan. Pengguna hanya perlu menghafal atau terbiasa dengan perintah-perintah dasar yang dijalankan Linux. Persepsi akan sulitnya Linux mungkin disebabkan karena kita sudah terbiasa dengan sistem operasi lain, sehingga menganggap Linux sebagi sistem operasi baru yang perlu menyita banyak waktu untuk mempelajarinya dan banyak alasan lain yang kadang tidak masuk akal.
Ingin mencoba belajar Linux? sebetulnya tidak sulit, karena kita tidak diharuskan menginstallnya ke hardisk. Kita cuma butuh seperangkat PC dan distro Linux live cd, yaitu distro Linux yang memang dirancang bisa dijalankan dengan cd yang didalamnya selain OS Linux itu sendiri, juga sudah disertakan bermacam aplikasi seuai dengan kebutuhan kita baik office, internet, graphic, multimedia, manajemen hardware, ataupun kebutuhan lainnya. Kita bisa mendapatkannya dengan download gratis dari internet, atau sebagian toko juga sudah menyediakan hanya dengan harga ganti copy cd. Untuk jelasnya, mari kita coba, prosesnya:

1. Nyalakan PC
2. Setting boot PC dengan cd-rom dari bios
3. Masukkan cd distro Linux yang kita punya. Banyak sekali distro Linux live cd atau dvd yang disediakan saat ini, anda hanya perlu menyesuaikan dengan spesifikasi PC dan apa yang kita butuhkan dalam memakai PC.
4. Pada awal proses boot di Linux, akan ada dialog menu boot yang menawarkan dari mana kita akan memulai booting pc, urutan paling atas lazimnya booting dari live cd atau dvd dengan menjalankan tampilan graphic normal, pilih saja opsi tersebut dengan menekan tombol enter.
5. Selanjutnya proses akan berjalan sampai pada menu login. Yang perlu kita lakukan hanya mengisi user name dengan guest atau root, dan paswword yang sama dengan user name. Ada juga beberapa distro yang pada menu login sudah terisi otomatis dan kita hanya tinggal menekan enter.
6. Spalsh screen. Pada proses ini kita hanya diminta menunggu untuk sampai pada tampilan desktop.
7. Setelah proses smpai pada grapikal desktop, kita sudah bisa mulai mencoba menjalankan aplikasi yang tersedia.
8. Sederhana dan mudah. Bagi yang sudah mencoba Linux live cd, jangan bingung dan heran jika kebiasaan anda berubah, dari malas menjadi betah berlama-lama di depan PC.

Tahukah anda tentang Linux?

1. Free
2. Kecil
3. Ringan
4. Stabil
5. Proses cepat
6. Aman dari virus
7. Indah
8. Banyak pilihan aplikasi
9. Hardware lebih awet
10. Kreatif
11. Inovatif
12. anda tambahkan sendiri setelah memakainya.

Selamat mencoba.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Adi Nugroho mengatakan...

makasih

wonk oon mengatakan...

mas, mau tanya apa master linux bisa di simpen di flashdisk?

Posting Komentar